Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Beo

Burung

User Rating: / 3
PoorBest 
Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Beo - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Beo

Sebagai pemilik burung beo, tentunya kita ingin tahu apa jenis kelamin burung beo kita. Burung beo tidak memiliki organ kelamin yang terlihat, hal ini membuat kita sulit untuk mengetahui jenis kelamin burung beo kesayangan kita. Bahkan, para hobies yang berpengalaman juga akan kesulitan menentukan jenis kelamin beo. Diperlukan cara cara khusus untuk mengetahui jenis kelamin burung beo yang kita miliki.


Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Beo

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Beo

Ada beberapa cara yang bisa di gunakan untuk mengetahui jenis kelamin burung beo, berikut beberapa cara membedakan jenis kelamin burung beo.


1. Mengamati perilaku burung beo

Dengan cara mengamati perilaku burung beo, biasanya para hobies berpengalaman sudah bisa membedakan jenis kelamin burung beo yang mereka miliki. Burung beo jantan dan burung beo betina baru menjadi dewasa secara sek+sual sesudah umur satu atau dua tahun. Umumnya, beo betina lebih agresif dibandingkan dengan burung beo jantan. Disamping itu, burung beo betina dewasa umumnya mulai memproduksi telur sesudah mencapai usia satu tahun.

Walau begitu, keadaan ini tidak selalu terjadi. Ini membuat pemilik burung beo terkadang juga membutuhkan metode penentuan jenis kelamin burung beo lain yang lebih akurat.

2. Meraba tulang panggul burung beo

Biasanya ada perbedaan struktur tulang panggul burung beo jantan dengan burung beo betina. Caranya, pegang burung beo dan raba tulang yang berada tepat di atas anus.
Tulang burung beo jantan umumnya akan terletak berdekatan, dengan ruang yang hampir tidak terdeteksi di antara tulang. Sedangkan, tulang burung beo betina akan lebih terpisah hingga setengah senti.

Biasanya para hobies berpengalaman sudah bisa membedakan jenis kelamin burung beo dengan cara seperti ini, namun bagi pemilik yang belum berpengalaman tidak direkomendasikan menggunakan cara ini sebab berpotensi melakukan kesalahan dalam penentuan kelamin beo.

3. Melakukan pembedahan kelamin pada burung beo

Cara ini mungkin yang paling banyak di pilih dan pilihan yang paling disukai oleh banyak pemilik. Bawa burung beo ke dokter hewan, Dokter hewan akan menggunakan alat yang disebut laporascope. Dengan alat laporascope ini dokter hewan bisa melihat organ kelamin burung beo untuk menentukan apakah burung beo tersebut jantan atau betina.

4. Mengirim sampel DNA burung beo untuk diteliti

Cara ini memang mendapatkan hasil yang pasti, namun cara ini juga sangat mahal. Sampel DNA untuk menentukan jenis kelamin burung beo bisa terdiri atas 4-5 bulu yang sudah tumbuh penuh atau sampel darah, sample DNA dikirim ke laboraturium DNA untuk melakukan identifikasi. Saat ini sudah banyak laboraturium DNA yang menerima sample DNA dari masyarakat umum termasuk untuk keperluan membedakan jenis kelamin burung beo jantan dengan burung beo betina.

Semoga cara cara diatas bisa membantu para pehobies burung beo dalam membedakan jenis kelamin burung beo kesayangan anda.



Refferensi
Departemen Kehutanan Indonesia
Wikipedia Indonesia
beoburung.blogspot.com/2013/09/cara-identifikasi-jenis-kelamin-burung.html


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel