Cara Membedakan Cucak hijau Jantan Dan Betina

Burung

User Rating: / 2
PoorBest 
Cara Membedakan Cucak hijau Jantan Dan Betina - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Membedakan Cucak hijau Jantan Dan Betina


Jika kita mempunyai cucak hijau, tentu kita ingin tahu jenis kelamin cucak ijo yang kita miliki. Untuk itu kita akan membahas cara membedakan cucak hijau jantan dan betina.  Semoga ini dapat membantu, terutama bagi pencinta burung berkicau yang masih pemula.

Cara Membedakan Cucak hijau Jantan Dan Betina


Cara membedakan cucak hijau jantan dan betina cukup mudah, berikut ini caranya :

 

Cucak Hijau Jantan dan Betina Dewasa


Cucak hijau jantan dewasa mempunyai ciri yang cukup menonjol, yakni ada bulu berwarna hitam pada dagu dan juga tenggorokan. Namun pada cucak hijau betina dewasa hanya ada bulu berwarna hijau kekuning-kuningan pada dagu dan juga tenggorokannya.

Cucak Hijau Jantan dan Betina Anakan

  1. Bentuk fisik cucak hijau jantan dan betina hampir mirip dan juga warna bulunya sama yakni hijau muda. Bagi pencinta cucak ijo pemula mungkin akan sulit untuk membedakan cucak hijau jantan dan betina yang masih anakan atau trotolan :
  2. Anakan cucak hijau jantan yang masih berusia dibawah 4 bulan, mempunyai warna kuning pada alis yang melingkar pada kedua di matanya, bisa juga terlihat seperti sedang memakai kacamata kuning. Dan pada cucak hijau betina anakan, warna alisnya akan  lebih terlihat berwarna putih.
  3. Warna paruh pada bagian bawah cucak ijo jantan anakan memiliki warna coklat tua yang cukup jelas,
  4. dan pada cucak ijo betina anakan pada paruhnya berwarna putih.
  5. Khusus bagi anakan burung cucak ijo yang sudah berumur 4-6 bulan, dibagian leher betina terdapat warna kuning yang akan berubah warna menjadi warna putih kehijauan. Dan pada burung cucak ijo jantan anakan, warna kuning tersebut akan dipenuhi trotol-trotol yang berwarna hitam. Setelah dua bulan berikutnya, maka warna hitam itu akan terlihat semakin jelas dibagian leher atau bawah paruh. Semakin tua usia burung, maka warna hitam itu juga akan semakin menutup leher hingga ke bagian bawah mata.


Cara membedakan cucak hijau jantan dan betina tidak terlalu sulit, asalkan kita cukup teliti saat melihat bagian leher dan sekitar bawah paruh.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel