Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dengan Burung Perkutut Betina

Burung

User Rating: / 6
PoorBest 
Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dengan Burung Perkutut Betina - 4.3 out of 5 based on 6 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dengan Burung Perkutut Betina

Mengetahui cara membedakan burung perkutut jantan dengan burung perkutut betina adalah sebuah keuntungan. Burung perkutut jantan secara umum 'lebih' mahal dari burung perkutut betina. Cara membedakan burung perkutut jantan dengan burung perkutut betina bukan hanya ditentukan oleh rajin atau tidaknya burung tersebut bersuara, namun bergantung seluruh stamina serta mood dari burung tersebut.


Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dengan Burung Perkutut Betina

 

 

Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dengan Burung Perkutut Betina

Tapi yang umum menjadi acuan dalam penentuan burung perkutut jantan dengan burung perkutut betina yang meskipun tetap dipertanyakan ketepatannya yaitu dengan langkah berikut ini :

  • Perhatikan warna putih diatas paruh burung perkutut.
  • Burung perkutut jantan biasanya memiliki warna putih hingga pelipis, sedangkan untuk burung perkutut betina tidak.
  • Meraba supit udang dari burung perkutut.
  • Bila di antara supit udang terasa lunak ketika di sentuh dibanding yang satunya, maka burung perkutut tersebut kemungkinan besar adalah burung perkutut betina.
  • Melihat Postur tubuh perkutut.
  • Postur tubuh burung perkutut betina umumnya lebih kecil dari postur tubuh burung jantan. Postur tubuh burung perkutut biasanya sulit di bedakan ketika masih dalam situasi piyik seteluran, namun yang kecil umumnya betina.
  • Segi nada.
  • Burung perkutut betina biasanya memiliki nada dengan volume kecil.


Cara membedakan burung perkutut jantan dengan burung perkutut betina Ini adalah garis besarnya saja, namun banyak juga didapati ada deviasi dari kenyataan yang ada. Burung perkutut juara juga tidak sedikit yang berjenis kelamin betina.

Pada kelompok umur peternak biasanya menyebutkan sukar untuk mencarikan jodoh bagi burung perkutut juara yang bersuara kristal, ini disebabkan betina yang memiliki volume besar yang pas tidak mudah untuk diperolah dan harganya mahal. Karena burung  perkutut betina yang mempunyai volume besar sukar diperoleh oleh kelompok umur peternak, maka bila mereka mempunyainya tentu jarang dijual kembali dengan mudah atau dijual dengan harga tinggi.

Semoga cara membedakan burung perkutut jantan dengan burung perkutut betina ini bisa membantu anda untuk membedakan burung perkutut jantan dengan burung perkutut betina dirumah.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel