Home Binatang Lain Landak Mini

Landak Mini

User Rating: / 6
PoorBest 
Landak Mini - 4.3 out of 5 based on 6 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Binatang
Written by Pencinta Hewan   

Landak Mini

Landak Mini

Landak merupakan hewan pengerat (Rodentia) yang mempunyai rambut yang tebal serta berbentuk duri tajam. Landak dapat ditemukan di Asia, Afrika, hingga Amerika, serta mempunyai kecenderungan menyebar di kawasan tropika. Landak adalah hewan pengerat terbesar ketiga bila dilihat dari segi ukuran tubuh, yaitu sesudah kapibara dan berang-berang. Landak berbentuk agak "membulat" dan tidak terlalu lincah jika dibandingkan dengan tikus. Sebab rambut durinya, hewan lain yang mirip tapi bukan pengerat, seperti Landak Mini (hedgehog) dan landak semut (Echidna), juga dikenali sebagai "landak".

 

 

Landak Mini merupakan binatang mamalia dari keluarga Erinaceinae. Ada 16 spesies Landak Mini dalam 5 genus, bisa ditemukan di eropa, asia, africa dan new zealand. Landak mini yang kita kenal sekarang merupakan yang berasal dari Genus Atelerix dan dikenal juga sebagai African Pygmy Hedgehog yang berasal dari Afrika Tengah. Dan yang telah ada saat ini adalah perpaduan atau persilangan antara "White-Bellied" (Atelerix albiventris) dan "Algerian". (Atelerix algirus)

 

Gambaran Fisik Landak Mini

Landak Mini sangat mudah dikenali dari duri dibadannya, duri dibadannya merupakan rambut berongga yang keras. Duri-duri lndak mini tidak beracun atau berkait, serta tidak layaknya bulu dari landak (porcupine), duri dari Landak Mini tidak mudah lepas dari tubuhnya. Pertahanan alami yang dipunyai oleh semua spesies Landak Mini adalah kemampuan untuk menggulung diri menjadi bola duri, hingga seluruh duri menghadap keluar semua dan membuat lawannya tidak mampu menyerang. Jika kita telah terbiasa memegangnya, maka duri-durinya tidak terasa sakit tapi hanya seperti memegang sikat rambut.

 

Landak Mini mempunyai bentuk badan oval dengan ukuran badan antara 15 centimeter - 20 centimeter, dan berat sekitar 200 gr - 600 gr. Hampir seukuran dengan marmut, umumnya landak mini betina mempunyai ukuran badan lebih besar dibanding jantan. Beberapa landak mini bisa tumbuh besar hingga 700 gr - 900 gr.

 

Cara Hidup Landak Mini

Landak Mini termasuk hewan "nocturnal" atau hewan yang aktif pada malam hari, pada siang hari landak mini cenderung menyembunyikan dirinya ditempat-tempat gelap. Dikarena kebiasaannya yang menyukai bersembunyi disiang hari, maka pada tempat pemeliharaanya kita bisa membuatkan "shelter" sebagai tempat untuk landak mini bersembunyi.

 

Landak Mini juga sering menjilat. Hal ini terutama saat landak mini berada di tempat yang baru dengan bau lingkungan yang kuat, lndak mini akan mengigiti media disekitarnya dan membentuk buih dari mulutnya dan merekatkan pada duri-durinya dengan menggunakan lidah. Belum diketahui tujuan dari menjilat ini, tapi beberapa pakar percaya kebiasaan ini dilakukan guna mengkamuflase dirinya dengan area yang baru tersebut dan juga meninggalkan jejak bau

 

Makanan Landak Mini

Utamanya makanan Landak mini adalah serangga "insectivora" seperti jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman dan serangga lainnya. Walau begitu landak mini juga terkadang menyukai beberapa jenis sayuran, makanan kering untuk anjing dan kucing pun dapat dia makan. Sebaiknya tidak memberi landak mini susu, sebab usus landak mini sensitif terhadap susu dalam jumlah banyak. Suhu yang tepat untuk landak mini adalah 21 derajat C hingga 27 derajat C. bila suhu kurang dari itu landak mini akan masuk kedalam proses "hibernasi".

Sumber Bacaan
Wikipedia
Landakmini.com

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel
 
Joomla templates by a4joomla