Budidaya Landak Mini

Binatang

User Rating: / 10
PoorBest 
Budidaya Landak Mini - 4.8 out of 5 based on 10 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Budidaya Landak Mini

Budidaya Landak Mini

Sejak bayi, anak landak mini sudah bisa dibedakan jenis kelaminnya. Untuk landak mini jantan jarak antara kelamin dan anusnya lebih jauh dibandingkan landak mini betina. Pasangan landak mini yang mempunyai karakteristik kepribadian yang baik akan menurun pada anak-anak mereka. Induk betina harus berusia antara 5 sampai 12 bulan saat pertama kali dikawinkan. Tidak boleh lebih muda atau tidak lebih tua. Bila landak mini terlalu muda, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ reproduksinya. Sesudah landak mini berumur satu tahun, peluang hamil untuk pertama kalinya akan turun secara drastis. Landak mini termasuk binatang mamalia dan menyusui.

 

 

 

Sebelum budidaya landak mini, siapkan terlebih dahulu kandang untuk tempat perkawinan, kehamilan hingga melahirkan kelak. Bersihkan kandang, keluarkan semua mainan, tabung, kotak dan semua benda yang dapat menghalangi terjadinya perkawinan. Setelah itu tempatkan satu induk jantan dan satu induk betina yang sudah cukup umur, biarkan mereka selama 7 hari. Biasanya, segera setelah landak mini betina dan landak mini jantan di tempatkan bersama. Kelenjar kelamin jantan akan membengkak dan perutnya akan terlihat membuncit, dia akan mulai mengeluarkan pekikan pekikan sambil mengelilingi landak mini betina dan merayu landak mini betina. Landak betina tidak akan diam begitu saja, dia akan menolak dan berlari mengelilingi kandang. Terlihat seakan akan mereka berkelahi, begitu dirasakan cukup landak mini betina akan berhenti dan menurunkan duri serta mengangkat pantatnya hingga landak mini jantan akan mudah mengawininya.

 

Sebaiknya saat proses perkawinan ini landak di tinggalkan, karena tidak semua landak mini akan mau melakukan perkawinan dibawah pantauan kita. Setelah 7 hari segera bersihkan kandang, Jika anda belum yakin perkawinan sudah terjadi, kita dapat mengulang proses perkawinan tersebut dengan cara menyatukan kembali landak mini jantan dan landak mini betina tersebut dalam kandang yang telah dibersihkan selama 7 hari kedepan. Setelah itu angkat landak jantan mini dari kandang, jangan biarkan landak mini jantan berada satu kandang dengan landak mini betina saat landak mini betina melahirkan karena landak mini jantan akan memakan bayi landak mini.

 

Masa kehamilan landak mini sekitar 35 hari, pada beberapa kasus bisa terjadi landak hamil hanya 30 hari dan ada pula yang 46 hari. Tapi normal lama kehamilan adalah 35 hari, bila dalam 35 hari belum ada tanda tanda melahirkan maka berilah toleransi hingga 11 hari ke depan. Landak mini betina yang hamil membutuhkan kotak sarang atau shelter yang harus dipersiapkan minimal seminggu sebelum tenggat waktu melahirkan. Kita dapat membeli shelter di petshop atau bisa juga membuatnya sendiri. Kita dapat membuat sendiri shelter dari ember bekas eskrim dan lainnya, yang populer serta sangat sederhana yaitu dengan menggunakan shelter atau kotak sarang yang terbuat dari ember plastik es krim 1 galon. Bersihkan ember es krim termasuk label yang menempel. letakkan terbalik sehingga tutup es krim dijadikan alas. Buat lubang berdiameter 4 inci di samping, lubang dibuat 1 inci dari atas alas. Dengan tujuannya agar anak landak nantinya tidak dapat berjalan keluar sarang sebelum waktunya. Dengan begitu, budidaya landak mini ini akan berhasil dengan anak landak mini yang hidup.

 

Pada masa dua minggu terakhir kehamilannya, tambahkan porsi makanan landak. Bersihkan kandang (tidak perlu disucihamakan) tiga hari sebelum tanggal waktu melahirkan. Lanjutkan untuk melihat dan mengecek saat induk sedang makan. Dengarkan apabila sudah ada suara decitan kecil dari dalam shelter. Minggu pertama adalah waktu terpenting bagi induk landak mini. Jika terdapat gangguan bisa membuat landak memakan bayi bayinya. Bila ada bayi landak yang dilahirkan diluar shelter, jangan menyentuhnya. Pindahkan menggunakan sendok atau alat lain, bau tangan manusia pada bayi landak dapat menyebabkan induk landak memakan bayinya sendiri. Masukan saat induk landak tidak melihatnya, kita dapat mengalihkan perhatiannya menggunakan makanan. Budidaya landak mini harus di lakukan dengan seksama, setelah satu bulan anak landak mini sudah bisa dipisahkan.

 

Sumber Refferensi
petsgaleri.com
landakmini.com
Wikipedia

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel