PDFPrintE-mail

Cara Memberi Makan Biawak Peliharaan

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Memberi Makan Biawak Peliharaan

cara memberi makan biawak peliharaan


Biawak termasuk hewan reptil dari jenis kadal besar yang dalam bahasa lokal disebut juga dengan Menyawak ataupun Nyambik (Jawa), Berekai (Madura), Bayawak (Sunda) dan monitor lizard dalam bahasa inggris. Walaupun biawak bukan merupakan hewan kesayangan secara umum, namun reptil yang satu ini tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi pencinta reptil excotix.


Dalam kesehariannya di alam liar, biawak merupakan pemangsa berbagai serangga, ketam atau yuyu, kodok, ikan, kadal, burung, ataupun juga mamalia kecil seperti tikus dan binatang kecil lainnya yang bisa biawak temukan. Namun untuk biawak peliharaan dikandang, makanan biawak peliharaan harus kita siapkan. Berikut ini cara memberi makan biawak peliharaan yang bisa kita berikan.

 

Cara Memberi Makan Biawak Peliharaan


Pemberian makanan biawak ditentukan berdasarkan usia dan ukuran biawak tersebut.

Bagi biawak yang belum mencapai usia 1 tahun, disarankan untuk memberikan mereka makanan berbahan dasar serangga. Sebab bayi biawak membutuhkan serat dalam jumlah yang banyak guna menjaga pencernaannya, biawak seukuran bayi memang di desain untuk makan serangga.

Pemberian daging ataupun rodent masih diperbolehkan dengan ukuran tertentu, idealnya memberi makan bayi biawak 4 kali seminggu dengan serangga dan 1 kali seminggu dengan daging dan rodent. Sebaiknya daging bisa kita cacah terlebih dahulu untuk mempermudah bayi biawak makan.

Perlu kita perhatikan juga suhu kandang agar dijaga kehangatannya jika kita memberikan bayi biawak daging ataupun tikur kecil supaya mereka mampu mencerna daging tersebut dengan baik, sebab pencernaan bayi biawak masih kecil.

Biawak sesudah tahun pertama baru boleh di alihkan dengan pakan biawak berbasis daging, namun sebaiknya tetap hindari pinkis dan juga berikan yang telah memiliki bulu sebab telah mengandung banyak kalsium. Berikan rodent atau tikus kecil yang telah tumbuh bulu atau "jumper", jangan 'pinkis' atau yang masih merah sebab cuma banyak mengandung lemak, namun sedikit memiliki nutrisi dan sedikit atau bahkan tidak memiliki kalsium.

Selain serangga dan daging rodent, kita juga bisa memberikan makanan biawak dengan berbagai macam hewan  kecil lainnya termasuk ikan seperti mereka di alam liar.

Semoga cara memberi makan biawak peliharaan ini bisa membantu para pecinta reptil, baca juga cara merawat biawak. Salam reptil.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel