Masa Ayam Pelung Mulai Berkokok

Ayam

User Rating: / 1
PoorBest 
Masa Ayam Pelung Mulai Berkokok - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Masa Ayam Pelung Mulai Berkokok

ayam pelung sedang barkokok
Ayam pelung akan mulai berkokok ketika menginjak usia 4 bulan. Pada usia inilah pejantan yang memiliki bakat turunan dari orangtuanya akan mulai memperdengarkan kemampuannya yang terpendam. Saat ini sang pejantan sudah mesti dipisahkan dari saudara-saudaranya.

Menurut para peternak ayam pelung tidak ada cara yang jitu guna melatih pelung bernyanyi. Semuanya bisa diperoleh secara alami. Diharapkan, orangtua yang pandai bernyanyi akan menurunkan bakatnya juga kepada anak-anaknya. Puncak kenyaringan suara berkokok akan didapat saat ayam pelung berusia satu tahun.

Tubuhnya akan kokoh dan segar. Temboloknya juga besar dan menonjol. Saat ayam berjalan tembolok itu seperti ikut bergoyang. Anggun sekali. Sisik kakinya berbaris rapi dengan taji yang mulai tumbuh. Bulunya lebat dan juga mengkilat. Umumnya bulu ayam pelung berwarna merah, hitam dan keemasan.

ayam pelung suka di ketinggian
Karena bentuk tubuhnya yang besar, volume suaranya juga menjadi lebih besar dan bersih. Bunyi kokoknya bisa bervariasi. Dari bunyi permulaan, tengah hingga bunyi akhir. Seakan-akan pembagian ini menciptakan sebuah nada yang indah yang panjang.

Ketika berada pada puncak kehebatan seperti ini, pejantan akan dikawinkan dengan induk ayam pelung yang juga berbadan bagus serta segar. Pasanga ini dipisahkan dari rekan-rekannya yang lain ke sebuah kandang yang “nyaman”. Para peternak asli biasanya akan menempatkan mereka di lereng gunung ataupun bekas lahan persawahan. Dapat juga di pekarangan yang sejuk dan tidak terlalu panas serta banyak ditanami tumbuhan. Pada malam hari pasangan ayam pelung ini dimasukkan ke kandang, paginya dilepas kembali. Begitu saja  seterusnya hingga ayam betina bertelur.

Sesudah berumur enam tahun, kemampuan berkokok ayam pelung akan menurun dan berkurang. Sang pejantan akan dianggap kakek jompo bila telah berumur 10 tahun. Jalan terbaik adalah untuk segera “menghidangkannya” menjadikannya menu di meja makan, meskipun pencinta ayam pelung jarang yang mau memakan ayam mereka. Ayam pelung pejantan bisa mencapai berat 7 kg. Sedangkan pelung betina paling besar sekitar 6 kg. Pada umumnya perbedaan ayam pelung betina tidak begitu mencolok jika dibandingan dengan ayam kampung biasa.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel