Kandang Panggung Tinggi Ayam Pelung

Ayam

User Rating: / 0
PoorBest 

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Kandang Panggung Tinggi Ayam Pelung

Ayam pelung putih

Ayam pelung memiliki perlakuan yang hampir sama dengan ayam kempung dalam hal kandang. Umumnya berupa kandang koloni atau bersama, baik itu kandang ren (ranch) terbuka (tanpa atap) yang bisa mengumbar ayam ataupun kandang tertutup (postal). Ayam pelung pada kandang-kandang tertutup ini, biasanya ayam akan dilepas pada siang hari.

 

 


Jadi fungsi kandang tertutup hanyalah sebagai tempat tidur ayam saja pada malam hari. Guna menjaga kebersihan dan juga kesehatannya, sebaiknya kandang ayam pelung dibersihkan secara berkala dalam waktu-waktu tertentu dan juga kandang selalu menghadap matahari terbit.

Ayam pelung yang telah “jadi” umumnya dikurung didalam kurungan ayam supaya tidak sembarangan makannya. Postur tubuhnya yang besar akan bertambah gemuk sebab ayam pelung jadi tidak banyak bergerak.

Kandang Panggung Tinggi Ayam Pelung

Kandang panggung tinggi ayam pelung

kandang panggung bersama ayam pelung


Di Cianjur daerah asli ayam pelung, peternak ayam pelung senang membuat kandang ayam yang berkaki tinggi. Ketinggian kandang bisa lebih dari 1,5 meter di atas tanah. Maksudnya adalah untuk memperlakukan si ayam dengan istimewa.


Kandangnya sederhana dengan beratapkan seng. Agar suhu tidak terlalu panas, maka diberi tambahan gedek bambu untuk pelapisan dalamnya. Hampir seluruh kandang ayam diberi kawat-kawat bulat, demikian juga pada bagian alasnya. Tepat dibagian bawah kandang, dibuatkan tempat guna menampung kotorannya. Ini mempermudah pemiliknya untuk mengumpulkan dan memakainya sebagai pupuk.


Untuk ayam pelung yang sudah 'jadi', ditempatkan pada kandang khusus. Setiap kandang khusus hanya dihuni oleh seekor pejantan ayam pelung yang sudah “jadi”. Sedangkan untuk induk ayam pelung dan juga anak-anak yang masih “tanggung” ditempatkan didalam “asrama” kandang bersama  yang besar.


Kandang bersama merupakan kandang koloni yang tertutup. Disetiap ruang dalam kandang dihuni oleh dua hingga tiga ekor ayam. Setiap pagi semua ayam pelung dilepas di dalam lapang tidak jauh dari kandangnya. Hanya ayam pelung pejantan yang sudah pandai bernyanyi saja yang tetap di kurung didalam kandangnya. Ini dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan juga untuk  mengawasi makanannya.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel