Ciri Ciri Ayam Bangkok Petarung

Ayam

User Rating: / 2
PoorBest 
Ciri Ciri Ayam Bangkok Petarung - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ciri Ciri Ayam Bangkok Petarung

ciri ciri ayam bangkok petarung
Ayam bangkok digemri oleh para hobies bukan hanya karena bentuk tubuhnya, namun juga karena kualitasnya dalam bertarung mengalahkan ayam bangkok lainnya. Ciri ciri ayam bangkok petarung memang berbeda dengan ciri-ciri ayam bangkok biasa. Tampilannya yang kekar, sorot matanya, jenggernya dapat membuat ayam bangkok lawan mengkeret.

Ciri-ciri fisik ayam bangkok memang dipercaya bisa menggambarkan kwalitas dari ayam bangkok tersebut. Banyak orang yang membeli ayam bangkok selalu melihat pada ciri-ciri fisiknya, selain juga melihat catatan pertarungannya dan asal-usulnya. Ciri-ciri ayam bangkok petarung memang tidak sepenuhnya menjamin ayam tersebut akan selalu menang dalam bertarung, namun setidaknya kita bisa mendapatkan ayam bangkok yang berkwalitas.



 

Ciri Ciri Ayam Bangkok Petarung


Dilihat dari Kepala
Pilihlah ayam bangkok dengan bentuk kepala yang lebih kecil seperti sebuah buah pinang. Ini menandakan ayam bangkok berkepala seperti buah pinang lebih cerdik, sedangkan ayam yang berkepala lebih besar menandakan kebodohannya.

Dilihat dari Kulit Muka
Banyak yang percaya, ayam bangok yang memiliki kulit muka tebal dan berkerut-kerut mempunyai pembawaan yang kalem. Disamping itu, ayam bangkok seperti ini lebih tahan terhadap pukulan lawan, dan tidak mudah ambruk. Ini beda dengan ayam bangkok yang memiliki kulit muka tipis. Ayam yang memiliki kulit muka seperti ini memang lebih gesit, namun ayam seperti ini juga lebih rentan bila terkena pukulan.

Dilihat dari Leher
Leher ayam bangkok juga menjadi salah satu patokkan utama, perhatikan tulang leher pada ayam. Bila tulang leher besar, maka ayam ini bukan tipe bertarung peluk, tapi hanya mempunyai gaya bertarung yang monoton itu-itu saja. Sedangkan ayam bangkok yang memiliki tulang leher lebih kecil. Ayam bangkok dengan bentuk seperti ini mempunyai kuncian yang baik. Ini disebabkan, pergerakan leher dan kepalanya lebih luwes.

Dilihat dari Jengger
Jengger yang besar menandakan ayam tersebut mempunyai gaya bertarung yang kalem. Sedangkan jengger yang kecil menandakan ayam tersebut mempunyai gaya bertarung yang gesit.

Dilihat dari Tubuh
Dari bentuk tubuh ini dapat dilihat gaya bertarungnya nanti. Bila ayam memiliki bentuk tegap lebih dari 45 derajat, ini menandakan ayam tersebut suka "main atas". Bila ayam tersebut memiliki bentuk kurang dari 45 derajat, ini menandakan ayam tersebut suka "main bawah".

Dilihat dari Tulang Dada
Terdapat dua tipe ayam bangkok dengan tulang dada, yakni tulang dada panjang dan tulang dada pendek. Pada ayam bangkok yang memiliki tulang dada panjang, menandakan ayam tersebut memiliki daya tahan terhadap pukulan lawan dan pukulannya juga keras namun kurang baik memukul lawan. Sedangkan ayam bangkok yang memiliki tulang dada pendek menandakan ayam tersebut memiliki pukulan yang baik, akurat dan kuat. Tapi kurang kuat dalam menerima pukulan dari lawannya.

Dilihat dari Paha
Perhatikan jarak antara kedua paha dan bentuk dari kedua paha tersebut. Ayam yang memiliki jarak yang sama antara kedua paha atau sama lebarnya dari telapak tangan mencirikan pukulan yang keras. Tapi, bila terlalu lebar, ayam dengan bentuk paha tersebut tidak "memainkan" jalu saat menyerang, tapi pukulan yang dilakukan cepat. Hal ini berbeda bila terlalu sempit, pukulannya tidak ampuh bagi lawan. Bentuk paha ayam seperti belalang mencirikan ayam tersebut memiliki kekuatan dan konsistensi pukulan yang baik. Namun bila paha ayam seperti ayam goreng, ini mencirikan ayam memiliki pukulan yang tirus. Yakni semakin lama akan semakin berkurang kekuatannya.

Dilihat dari Ekor
Bagi ayam yang memiliki ekor panjang mencirikan gaya bertarung ayam yang kalem. Sedangkan ayam yang memiliki ekor pendek, mencirikan ayam tersebut memiliki pukulan yang gesit serta cepat.

Ciri Ciri Ayam Bangkok Petarung diatas bisa dijadikan patokan saat kita ingin membeli ayam bangkok. Semoga dengan membaca artikel Ciri Ciri Ayam Bangkok Petarung ini Anda bisa mengetahui cara memilih ayam bangkok petarung juara.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel