Cara Mencegah Flu Burung

Ayam

User Rating: / 1
PoorBest 
Cara Mencegah Flu Burung - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Mencegah Flu Burung

Cara Mencegah Flu Burung


Serangan flu burung merupakan monster yang menakutkan bagi para peternak ayam dan pecinta kicau mania. Penyakit yang disebabkan oleh virus H5N1 bukan hanya berbahaya bagi unggas, namun juga bagi manusia.


Kematian pada unggas akibat virus Flu burung dapat mencapai 100% dari populasi ayam/burung. Pada manusia yang terserang virus flu burung juga sering menyebabkan kematian. Kerugian bagi para peternak unggas tidak terhitung yang disebabkan serangan virus Flu Burung.

Cara mencegah flu burung pada peternakan ayam maupun burung, ada beberapa cara dapat kita lakukan. Namun sebenarnya cara sederhana menghindari flu burung adalah dengan perawatan yang baik dan menjaga kebersihan.

 

Cara Mencegah Flu Burung Secara Sederhana


Inti dari semua pencegahan serangan flu burung adalah bagaimana cara merawat ayam dengan perawatan yang baik. Secara teratur selalu membersihkan kandang ayam dan juga membuang kotoran pada tempat yang sudah kita sediakan. Kondisi kandang ayam yang selalu bersih akan membuat ayam selalu sehat dan juga tahan terhadap penyakit.

Disamping faktor kebersihan kandang ayam, selalu perhatikan juga asupan gizi makanan yang kita berikan kepada ayam atau burung. Makanan ayam yang mempunyai kandungan gizi yang baik dan juga seimbang akan membantu ayam tersebut memenuhi seluruh kebutuhan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Ayam-ayam hias juga biasanya rajin dimandikan setiap beberapa hari sekali, mandikan dengan air shampoo khusus atau shampoo manusia bila tidak ada.

Tindakan lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan vaksinasi flu burung kepada ayam peliharaannya, apalagi pada saat menjelang pergantian musim atau pancaroba dimana saat-saat ini  adalah masa rentan terhadap serangan penyakit ayam.

Menjaga kebersihan kandang ayam, membuang sisa kotoran ayam maupun sisa makanan ketempat khusus, dan memastikan kandang memdapatkan penyinaran yang cukup merupakan inti dari cara mencegah flu burung secara sederhana.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel