Cara Memelihara Ayam Onagadori

Ayam

User Rating: / 4
PoorBest 
Cara Memelihara Ayam Onagadori - 4.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Memelihara  Ayam Onagadori

Cara Memelihara  Ayam Onagadori
Cara Memelihara  Ayam Onagadori. Ayam Onagadori memiliki bentuk seperti  ayam bangkok, perbedaannya adalah Ayam Onagadori memiliki ekor yang panjang yang bisa mencapai 10 meter. Onagadori menurut bahasa Jepang berarti "Panjang ekor ayam", dan ekor dari Ayam Onagadori adalah non-molting atau bulu ekor tidak memiliki lapisan keras. Cara Memelihara  Ayam Onagadori hampir sama dengan cara merawat ayam bangkok, perbedaannya adalah kerja keras kita untuk mempertahankan bulu ekornya tetap bagus dan tidak kotor.

Ayam Onagadori merupakan ayam yang baik dan ayam yang sering merenung serta dapat membesarkan anaknya tanpa masalah. Tapi bila sudah untuk keperluan yang lebih besar yang diinginkan, penetasan telur di inkubator dan membesarkan mereka dalam kehangatan karung kering juga sudah sukses dilakukan. Sangat perlu kita pilah dan pisahkan ayam onagadori jantan yang akan berkembang menjadi ayam pertunjukan.


Proses seleksi harus dilakukan sesuai dengan karakter individu, ayam onagadori yang lebih agresif akan menghancurkan bulu ekor mereka sendiri. Sedangkan ayam onagadori yang lebih jinak dan jinak akan memberikan keberhasilan yang lebih baik, yang baik menurut keperluan bulu ekor mempunyai lebih dari 40 bulu sabit utama dan sekunder serta bulu pelana.

Karakteristik lain dari persyaratan seleksi juga harus diambil dengan pertimbangan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam standar masing-masing negara seperti sisir, pial, tulang dada, kaki dan jari kaki. Karakteristik ini berlaku untuk ayam onagadori jantan untuk keperluan show atau kontes atau pertunjukan.

 

Cara Memelihara  Ayam Onagadori

Ayam Onagadori yang sudah dikembangkan dalam iklim kepulauan yang agak ringan Shikoku di Jepang selatan, lebih memilih iklim tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Bila dipelihara di daerah dingin, pemanasan kandang harus dilakukan. Bila dipelihara di daerah yang sangat panas, harus diberikan naungan (pohon, dll) dan ventilasi. Bila burung onagadori stres secara tiba-tiba, seperti dikejar-kejar oleh hewan (anjing, kucing, atau anak-anak), Ayam Onagadori biasanya bereaksi dengan pengerasan duri dan kemudian molting pada bulu-bulunya.

Ayam Onagadori jantan yang digunakan dalam pemuliaan biasanya memiliki bulu ekor non-molting 3/4 dari  sebelumnya karena aktivitas ayam untuk kawin. Bulu ekor akan tumbuh kembali dengan cepat.

Jenis Ayam Onagadori

Terdapat beberapa jenis Ayam Onagadori untuk show. Salah satu jenis Ayam Onagadori yang telah punah adalah Ayam Onagadori "SHOJO" = Emas Merah dengan Black Tail (Black-tailed Buff), Shojo diyakini sudah punah sejak tahun 1980-an. Ayam Onagadori putih SHIROIRO mesti mempunyai kaki kuning dan putih kekuningan yang sesuai telinga. Warna-warna lain memiliki zaitun abu-abu. Pada telinga harus putih, secara alami dengan petunjuk kuning kehijauan genetik terhubung dari pigmentasi kaki. Perak dan duckwing merah tidak mempunyai garis tengah gelap di hackles dan sangat, sangat sedikit di pelana. Ini merupakan fitur penting dalam pewarnaan Ayam Onagadori.

ayam onagadori shiroiro putih

ayam onagadori shirozasa ayam onagdori akazasa merah bambu

Jenis dan warna Ayam Onagadori adalah:

  1. Shojo = Golden Red with Black Tail (emas merah dengan ekor hitam)
  2. SHIROIRO = Putih,
  3. AKAZASA = Hitam Merah "Red Bamboo" (Akasasa),
  4. SHIROZASA = Hitam Perak (Shirofuji, Shirafuji),
  5. Goshiki = Five-Coloured (Saya kadang-kadang mendengar disebut sebagai Goshi) - versi yang sangat pucat dari AKAZASA, dan tidak Perak X Emas, warna yang banyak orang Jepang percaya adalah warna asli dari Ayam Onagadori.


Sampai saat ini, peternak Jepang tertentu mempertimbangkan untuk menciptakan pemuliaan pada Ayam Onagadori. Semoga Cara Memelihara  Ayam Onagadori ini bisa membantu pehobies dalam merawat Ayam Onagadori.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel