Ayam Onagadori

Ayam

User Rating: / 3
PoorBest 
Ayam Onagadori - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ayam Onagadori Ayam Ekor Panjang Jepang

Ayam Onagadori

Onagadori menurut bahasa Jepang berarti "Panjang ekor ayam". Onagadori adalah jenis ayam yang berasal dari Prefektur Kochi Jepang. Pemerintah Jepang menunjuk Kochi sebagai Monumen Alam khusus bagi perkembangbiakan Onagadori.

 

Ada berbagai warna yang di miliki ayam Onagadori. Warna yang Merah Breasted Hitam, Silver Breasted Hitam, Emas Breasted Hitam, dan Putih.  Warna kaki adalah willow di Black-breasted variasi dan kuning di Whites, dan ekor dari  Onagadori adalah non-molting bulu ekor.

Ilmuwan Unggas Pioneer Frank X. Ogasawara menerima hibah National Geographic Masyarakat untuk melindungi varietas Jepang dan studi Onagadori Jepang. Dia menulis tentang ayam Onagadori  dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam edisi 1970 dari National Geographic.

Ayam Onagadori Jepang berevolusi dari ayam negeri umum. Ayam Onagadori mempunyai ayam hutan hijau dari keturunan indukan mereka. Ini adalah dari ayam hutan hijau dengan gen non molting dan kecenderungan untuk bertengger berasal. Onagadori juga telah mewarisi morfologi ekor ayam hutan hijau. Dibutuhkan mereka tiga tahun atau lebih untuk molt. Mereka mencapai panjang ekor 12-27 meter.

Peternak Jepang selama berabad-abad telah  berusaha keras dalam penciptaan pelestarian spesies ayam onagadori. Peternak menyediakan kandang khusus dengan bertengger jauh di atas  tanah di mana ekor tetap bersih dan dalam kondisi baik.

Ayam onagadori mempunyai bentuk seperti ayam bangkok, Bedanya ayam onagadori mempunyai ekor yang panjang yang bisa mencapai 10 meter. Tidak heran sebab keunikannya ini, banyak orang bahkan sampai kaisar jepang (500SM) memeliharanya. Bila kita ingin meliharanya, kita mesti menyediakan kandang besar, sekiitar 5x5 meter. Sediakan juga tempat tangkringan setinggi 3 meter di dalam kandang. Pakan yang di berikan juga mesti memiliki nutrisi tinggi seperti, beras merah, cambah, dll. Jangan sampai telat memberi makan, bila kita telat memberi makan ayam onagadori bisa ngambek dan mogok makan.

Jika kita ingin merawat ayam onagadori, maka kita mesti siap dengan semua perhatian yang akan kita berikan guna merawatnya. Kita mesti ekstra hati hati agar jangan sampai ekor ayam onagadori kotor hiingga selalu di berikan tangkringan. Lahan yang di butuhkan juga mesti cukup besar dan tentu saja finansial kita juga mesti siap untuk memberikan pakan dan kebutuhan lainnya, apalagi bila kita ingin mengikutkan ayam onagadori kita dalam kontes atau pameran. Selamat memelihara ayam onagadori.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel