Ayam Kapas

Ayam

User Rating: / 7
PoorBest 
Ayam Kapas - 4.4 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ayam Kapas

Ayam Kapas
Ayam kapas ini amat unik bila dilihat dari tampilannya, meskipun dari bentuk fisik terlihat seperti ayam kampung namun ayam kapas amat berbeda dari segi bulunya yang halus serta berwarna putih seperti kapas dan juga kulit dan dagingnya yang berwarna hitam berwarna hitam. Ayam kapas bisa dijadikan ayam hias yang cantik.


Salah satu kelebihan dari ayam kapas selain tampilannya yang berbeda terdapat pada dagingnya. Dagingnya yang berwarna hitam di percaya bisa menghindarkan penyakit sakit persendian seperti reumatik dll. Biasanya daging ayam kapas  di jadikan sup ginseng ayam yang berhasiat dan juga mahal.

Ayam kapas memiliki beberapa kelebihan dari tampilannya selain bulunya yang tidak mempunyai folikel hingga bulu tidak melekat satu sama lain dan nampak seperti kapas. Ayam kapas juga memiliki jari cakar sebanyak 5 buah, berbeda dari ayam biasanya yang mempunyai jari kaki sebanyak 4 buah. Kaki ayam kapas biasanya berbulu walau di temukan juga ayam kapas yang jari kakinya tidak berbulu.
Ayam Kapas

 

Asal Ayam Kapas

Ayam kapas berasal dari china, Marcopolo menyebarkan ayam kapas ini hingga ke Eropa dan Amerika. Di Amerika ayam kapas sudah banyak di silang biakan hingga menghasilkan ayam kapas dengan warna bulu yang berbeda-beda seperti biru, abu-abu, partridge dll. Ayam kapas juga memiliki jengger dan pial pada kepalanya, jenggernya ada yang memiliki warna biru dan ada juga yang berwarna merah. Sedangkan pialnya tergolong besar serta terdiri dari beberapa baris pial bergerigi.

Breed Ayam Kapas

Ayam Kapas

Memelihara ayam kapas tidaklah sulit, hampir sama dengan memelihara ayam kampung. Ayam kapas bisa di pelihara di dalam kandang dan bisa juga dibiarkan bebas. Ayam kapas betina dapat menghasilkan telur  yang cukup banyak, biasanya bisa menghasilkan telur lebih dari 200 butir pertahun. Oleh sebab itu banyak yang menjadikan ayam kapas sebagai ayam petelur. Pakan yang bisa kita berikan bisa terdiri dari voer ayam, biji-bijian seperti jagung, beras, gabah dll. Dedak juga bisa di jadikan pakan di campur dengan voer ayam atau nasi. Ayam kapas juga banyak disilangkan dengan ayam serama guna menghasilkan ayam serama berbulu halus seperti ayam kapas.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel