Ayam kalkun

Ayam

User Rating: / 0
PoorBest 

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ayam kalkun

Ayam kalkun Jantan

Ayam kalkun atau kalkun merupakan sebutan untuk dua spesies burung berukuran besar yang berasal dari ordo Galliformes genus Meleagris. Ayam kalkun jantan memiliki warna bulu yang warna-warni dan cukup indah, sedangkan kalkun betina lebih kecil dan kurang berwarna warni.

Ayam kalkun cukup mudah dikenali, ukurannya yang cukup besar dan keindahan bulu kalkun jantan mempermudah kita mengenalinya. Rentang sayapnya bisa mencapai 1,5 hingga 1,8 meter. Rentangan ekor kalkun jantan akan memperindah keindahan ayam kalkun ini.

 


Ayam kalkun banyak dipelihara sebagai hewan kesayangan, maupun sebagai sumber makanan yang diambil dagingnya. Daging kalkun dikenal lebih lembut, rendah kolesterol dll. Di Eropa dan Amerika, hidangan daging kalkun merupakan hidangan spesial dalam acara keluarga yang dikenal sebagai hari berterimakasih.

Spesies kalkun asal Amerika Utara disebut M. gallopavo, dan kalkun asal Amerika Tengah disebut M. ocellata.

Kalkun liar termasuk hewan buruan di Amerika Utara, namun tidak seperti kalkun biakan, kalkun liar gesit sangat dan juga jago terbang. Saat pertama kalinya ayam kalkun ditemukan di Amerika, warga Eropa salah mengenalinya sebagai burung yang berasal dari Afrika yaitu  Numida meleagris yang sering dikenal sebagai "ayam turki" sebab diimpor dari Eropa Tengah melalui negara Turki. Di dalam bahasa Inggris, ayam kalkun tetap disebut sebagai "Turkey" sampai sekarang. Kalkun termasuk genus Meleagris yang dalam bahasa Yunani berarti "unggas asal Guinea".

Ayam Kalkun hasil domestikasi memiliki pial (bagian bergelambir di bawah paruh) yang merupakan bukti bahwa kalkun domestikasi berasal dari kalkun liar M. gallopavo. Kalkun M. ocellata yang dipelihara suku Maya tidak mempunyai pial.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel