Supaya Bulu Anjing Tidak Mudah Rontok

anjing

User Rating: / 15
PoorBest 
Supaya Bulu Anjing Tidak Mudah Rontok - 5.0 out of 5 based on 15 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Supaya Bulu Anjing Tidak Mudah Rontok

Supaya Bulu Anjing Tidak Mudah Rontok

Bulu anjing kesayangan kita terkadang sering rontok, tentu saja ini tidak bagus baik itu untuk anjing kesayangan kita maupun bagi keluarga kita sendiri. Bulu anjing yang rontok dapat dengan tidak sengaja terhisap baik oleh anjing kesayangan kita ataupun anggota keluarga yang lain, tentu ini akan menimbulkan masalah tersendiri. Bulu anjing dapat menyebarkan kuman yang ikut dalam bulu tersebut, bisa juga terjadi gangguan pernapasan atau alergi pada angota keluarga kita. Tampilan anjing kesayangan kitapun akan berkurang karena banyak bulunya yang rontok. Untuk itu, kita mesti meminimalkan supaya bulu anjing tidak mudah rontok.

 

 

Penyebab bulu anjing rontok terbesar adalah iklim dan cuaca, beberapa anjing akan merontokan bulunya pada musim panas dan musim semi. Anjing yang biasanya hidup di daerah dingin dan di bawa kedaerah yang lebih panas juga berpotensi mengalami bulu rontok. Hal ini karena bulu anjing yang berfungsi sebagai pemanas tubuh pada hawa dingin di rontokan saat berada di daerah yang lebih panas supaya anjing tidak kepanasan, rontoknya bulu anjing biasanya akan berlangsung selama pergantian musim. Saat terjadi pergantian cuaca, masalah bulu anjing yang rontok pasti akan di alami oleh seluruh jenis anjing terutama yang mempunyai bulu lebat. Sedangkan lama dan banyaknya kerontokan tergantung pada cuaca dan jenis anjing tersebut.

 

Selain faktor iklim dan cuaca, perlakuaan kasar dan buruk dapat juga menyebabkan kerontokan bulu anjing. Anjing memupunyai susunan syaraf yang dapat menangkap 'Mood' manusia pemiliknya, bila pemiliknya sedang gugup, marah, sedih, atau sayang pada anjing tersebut maka dapat di tangkap dengan syaraf ini. Syaraf ini dapat menyebabkan kerontokan bulu dan kemungkinan stress. Jadi perlakukan anjing kesayangan anda dengan baik, jangan sering marah dan menekan anjing tersebut. Selain itu, makanan dan obat obatan juga bisa menjadi penyebab kerontokan bulu anjing.

 

Saat anjing kita mengalami kerontokan, banyak yang justru menggunting bulu anjing dengan maksud merapikan dan membantu anjing agar tidak kepanasan. Ini bukan langkah yang bijak, sebab pengguntingan bulu justru akan merusak isolator alami yang di miliki oleh anjing serta justru akan menambah anjing kepanasan. Mengumpulkan bulu anjing yang rontok adalah cara yang bijak, ini bertujuan agar bulu anjing tidak menyebar kemana mana dan menyebarkan penyakit. Menyikat bulu anjing sekali setiap hari sangat berguna dalam mengurangi bulu anjing rontok secara alami.

 

Berikut ini adalah langkah langkah dalam merawat bulu anjing supaya bulu anjing tidak mudah rontok.

  1. Berlututlah disamping anjing kesayangan atau letakkan anjing diatas meja.
  2. Angkat bulu yang rontok dan kusut dengan memakai sikat slicker atau sikat pin. Penyikatan dimulai dari bagian kepala sampai ke ekor.
  3. Untuk bulu yang mengalami kusut parah, pakai conditioner rambut yang dibuat khusus untuk anjing. Perlahan sisir atau sikat daerah yang kusut.
  4. Sesudah bulunya rata, berikan sikatan terakhir dengan sikat brisel atau sisir bergigi renggang.
  5. Pada anjing berambut panjang, pakai gunting untuk memangkas bagian cakar pada kaki belakang.

Anjing sebagai binatang peliharaan kita juga membutuhkan kasih sayang dari pemiliknya, bila anda memutuskan memelihara anjing, anda mesti tahu resikonya. Perlakuan yang baik dan kasih sayang akan mencegah bulu anjing tidak mudah rontok.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel