Sejarah dan Peran Dalmatian

anjing

User Rating: / 0
PoorBest 

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Sejarah dan Peran Dalmatian

Sejarah dan Peran Dalmatian

Republik Kroasia diakui oleh FCI sebagai negara asal Dalmatian, Dalmatian telah berkembang biak, dikembangkan dan dibudidayakan terutama di Inggris. Ketika anjing Dalmatian dengan tanda-tanda khas pertama kali ditampilkan di Inggris pada tahun 1862, ini disebutkan digunakan sebagai anjing penjaga dan pendamping untuk para perantau dari Dalmatia. Tapi, tidak diketahui pasti tentang asal-usulnya. Mantel atau kulit yang unik segera menjadi populer serta banyak didistribusikan ke benua Eropa mulai tahun 1920. Tanda 'Spots" yang tidak biasa yang sering disebut-sebut oleh para penulis lama di cynology.

 

 

Peran Dalmatian berkembang sangat beragam seperti nenek moyang mereka yang terkenal. Mereka digunakan sebagai anjing perang, menjaga perbatasan Dalmatia. Hingga hari ini, Dalmatian tetap memiliki naluri tinggi, meskipun ramah dan setia. Dalmatian sering menyendiri terhadap orang asing dan anjing yang tidak diketahui. Dalmatian memiliki insting berburu yang kuat dan pembasmi tikus dan hama yang baik. Dalam olahraga, mereka telah digunakan sebagai anjing berburu, anjing jejak, retriever, atau untuk berburu babi hutan atau rusa. Spots atau tanda dramatis yang mereka miliki dan kecerdasan telah membuat mereka menjadi anjing sirkus sukses sepanjang tahun. Dalmatian yang paling dikenal karena peran mereka sebagai pengawalan aparat pemadam kebakaran dan maskot pemadam kebakaran. Karena Dalmatian dan kuda yang sangat cocok, anjing Dalmatian mudah dilatih untuk berjalan di depan gerbong untuk membantu membersihkan jalan dan dengan cepat membimbing kuda dan petugas pemadam kebakaran untuk api. Dalmatian sering dianggap pengawas yang baik, dan mereka mungkin berguna sebagai anjing penjaga untuk melindungi perlengkapan pemadam kebakaran. Mesin api yang digunakan untuk ditarik oleh kuda yang cepat dan kuat, adalah target yang menggiurkan bagi pencuri. Tugas Dalmatian di pemadam kebakaran sebagai pencegahan terhadap pencurian tersebut.

 

Dalmatian Firehouse Dog

Dalmatian sebagai Maskot Pemadan Kebakaran

Hingga saat ini di Amerika Serikat penggunaan Dalmatian sebagai anjing kereta pemadam kebakaran telah dipindahkan ke kuda, walaupun tidak jelas mengapa hal ini tidak terjadi di negara lain. Hari ini, Dalmatian berfungsi sebagai maskot pemadam kebakaran, tetapi pada masa lalu saat kuda menarik gerobak mesin, Dalmatian menyediakan layanan yang berharga. Dalmatian akan berjalan bersama kuda-kuda, menggigit tumit kuda-kuda agar mereka berjalan lebih cepat. Kereta kuda-kuda sudah lama hilang saat ini, tetapi Dalmatian sebagai tradisi tetap bertahan. Akibatnya, di Amerika Serikat. Dalmatian umumnya dikenal sebagai anjing pemadam kebakaran. Dalmatian masih sering dipilih oleh banyak petugas pemadam kebakaran sebagai hewan peliharaan, untuk menghormati kepahlawanan Dalmatian di masa lalu. Dalmatian juga menjadi maskot dari Persaudaraan Pi Kappa Alpha International. Di masa lalu, Pi Kappa Alpha telah dikenal sebagai persaudaraan pemadam kebakaran, dan ini lah mengapa mereka berbagi dalmatian sebagai maskot.

 

101 Dalmatian

Perkembang biakan Dalmatian mengalami lonjakan sangat besar dalam popularitas sebagai akibat dari novel Seratus Satu Dalmatian tahun 1956 yang ditulis oleh penulis Inggris Dodie Smith, dan kemudian karena dua film Walt Disney yang berasal dari novel tersebut. The Disney animated classic yang dirilis pada tahun 1961 dan menelurkan 1.996 live-action remake, 101 Dalmatian. Pada tahun-tahun sesudah rilis film kedua, banyak Dalmatian yang sangat menderita di tangan para peternak yang tidak bertanggung jawab dan pemilik tidak berpengalaman. Banyak penggemar yang bermaksud membeli Dalmatian dan sering kali untuk anak-anak mereka tanpa mendidik diri mereka sendiri dengan jenis dan tanggung jawab yang datang dengan memiliki anjing jenis energi tinggi. Dalmatian ditinggalkan dalam jumlah besar oleh pemilik asli mereka dan meninggalkannya di penampungan hewan. Akibatnya, organisasi penyelamatan Dalmatian bermunculan untuk merawat anjing-anjing yang tidak diinginkan dan menemukan mereka rumah baru. Pendaftaran AKC dari Dalmatian menurun 90% selama periode 2000-2010.

Refferensi

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel