Makanan Anjing Yang harus Dihindari

anjing

User Rating: / 12
PoorBest 
Makanan Anjing Yang harus Dihindari - 4.7 out of 5 based on 12 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Makanan Anjing Yang harus Dihindari

makanan anjing,makanan kucing,Makanan Anjing Yang harus Dihindari, keracunan makanan pada hewan kesayangan,hewan kesayangan

Anjing kampung umumnya mengais makanan dari sampah, hal ini menyebabkan kadang-kadang tubuh anjing dapat menjadi kebal pada makanan yang dimakannya. Namun hal ini tidak berlaku pada Anjing ras piaraan kita. Kita tidak boleh memberikan sembarang makanan pada anjing kita, apalagi terdapat beberapa jenis makanan manusia yang dapat membahayakan kesehatan bahkan nyawanya.

 

Makanan-makanan ini justru terlihat enak bagi mereka, banyak anak-anak bahkan kita sendiri suka memberikan makanan dari atas meja makan bagi anjingnya. Tapi, justru kandungan dalam makanan makanan ini ternyata dapat mengakibatkan kerusakan fungsi organ tubuh pada binatang. Pada kondisi yang parah, bahkan dapat menyebabkan kematian bagi mereka.

 

Makanan anjing apa yang mesti dihindari bagi anjing

 

Makanan berkafein seperti coklat, kopi, teh, minuman bersoda dan makanan berkafein lainnya.

Kandungan theobromine didalam cokelat dalam jumlah yang besar dapat menjadi racun bagi anjing. Cokelat juga mengandung kafein, kafein juga ditemukan pada kopi, teh, dan beberapa minuman bersoda. Tipe cokelat yang berbeda mempunyai jumlah theobromine serta kafein yang berbeda. Contohnya, cokelat murni (dark chocolate) dan cokelat pahit (baking chocolate) mengandung lebih banyak kedua senyawa kimia tersebut dibanding cokelat susu (milk chocolate). Keracunan cokelat dapat membuat anjing muntah, diare, detak jantung tak beraturan, gelisah, serta kejang. Pada kondisi yang parah, anjing dapat mati dalam 24 jam setelah mencerna cokelat.

 

Kismis dan Anggur

Buah buahan ini kelihatannya ringan saja, tapi siapa sangka di balik manisnya buah ini dapat menyebabkan gagal ginjal akut pada anjing dan juga kucing. Sampai saat ini belum diketahui apa sebetulnya yang menyebabkan buah-buahan ini dapat membuat anjing keracunan. Tanda-tanda klinis umumnya terjadi dalam 24 jam sesudah anjing dan kucing memakannya. Sesudah itu anjing dan kucing akan muntah-muntah, diare, dan kelelahan. Pada kondisi terburuk, ginjal anjing dan kucing dapat berhenti bekerja.

 

Alpukat

Buah yang satu ini juga mesti diwaspadai, hal ini karena seluruh elemen dari alpukat sifatnya beracun bagi anjing dan kucing. Mulai dari daun, buah, hingga kulit tanamannya. Jika bahan bahan ini sempat termakan, anjing dan kucing dapat muntah dan diare.

 

Bawang merah dan bawang putih

Senyawa kimia pada kedua bahan makanan ini dapat merusak sel-sel darah merah pada anjing dan kucing. Sel-sel darah merah yang terkena senyawa kimia ini dapat pecah dan kehilangan kemampuannya guna membawa oksigen secara efektif. Bahkan walaupun bahan makanan ini telah dimasak pun tidak mengurangi potensi racunnya. Adakalanya, anjing dan kucing yang sedang sakit diberi makanan bayi. Padahal, makanan bayi banyak juga yang mengandung bawang merah atau bawang putih.

Kacang macadamia

Beberapa produk cokelat diberi isi kacang macadamia. Belum cegitu diketahui kenapa kacang jenis ini dapat membuat anjing dan kucing keracunan, tapi umumnya anjing akan mengalami depresi, lemas, muntah, gemetar, nyeri sendi, serta gusi yang pucat. Gejala ini dapat terjadi dalam 12 jam sesudah anjing dan kucing mengonsumsinya. Biasanya gejala ini akan mereda tanpa dilakukan perawatan dalam 24-48 jam. Tapi tentu saja lebih disarankan untuk terus memonitor kondisi hewan peliharaan Anda.

 

Xylitol

Xylitol adalah pemanis buatan yang banyak terdapat pada permen karet, permen pedas, pasta gigi, serta obat kumur. Xylitol dapat berbahaya bagi anjing sebab menyebabkan pelepasan insulin secara mendadak, hal ini akan memicu hypoglycemia (gula darah rendah). Kerusakan liver dapat juga terjadi pada anjing. Dalam 30 menit sesudah anjing memakannya, anjing dapat muntah, mengalami kelelahan, dan tidak dapat diatur. Keracunan xylitol pada anjing dapat fatal akibatnya bila tidak diatasi. Tapi, belum diketahui apakah xylitol juga berbahaya bagi kucing.

 

Biasanya, keracunan makanan pada hewan kesayangan terjadi tanpa disengaja. Mungkin mereka memungut makanan yang dibuang di jalan, menerima makanan dari anak anak kita, atau mengambil sesuatu dari meja makan. Oleh sebab itu, simpanlah makanan Anda dengan rapi bila di rumah terdapat binatang peliharaan. Masukkan didalam lemari makan, atau simpan dalam kotak makanan tertutup. Anak-anak juga harus diberi tahu agar tidak sembarangan saat memberikan makanan pada anjing dan kucing.

 

Sumber Refferensi :

VetStreet
Wikipedia
Anjing

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel