Home Anjing Makanan Anjing Buatan Sendiri atau Dog Food

Makanan Anjing Buatan Sendiri atau Dog Food

User Rating: / 4
PoorBest 
Makanan Anjing Buatan Sendiri atau Dog Food - 4.3 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

anjing
Written by Pencinta Hewan   

Makanan Anjing Buatan Sendiri atau Dog Food

Makanan Anjing Buatan Sendiri atau Dog Food

Anjing peliharaan kita membutuhkan asupan gizi yang memadai guna menunjang pertumbuhannya, pemberian asupan gizi yang baik sangat berperan dalam membentuk anatomi anjing yang baik. Saat ini ada 2 jenis makanan anjing yang bisa kita berikan bagi anjing kesayangan kita, yaitu makanan anjing buatan sendiri dan dog food siap saji. Masing masing dari jenis makanan anjing ini mempunyai kelemahan dan kelebihannya, untuk itu kita sendiri yang menentukan makanan anjing mana yang akan kita berikan.

 

Berikut ini adalah kelemahan dan kelebihan Makanan Anjing Buatan Sendiri atau Dog Food.

Kelebihan Dog Food Siap Saji :

Lebih Praktis.

Kita tidak mesti membuang waktu lagi untuk memasak sebab dog food yang dibeli  sudah siap saji dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama .

Takaran Gizi Sudah Tepat.

Kita tidak mesti berhitung berapa protein , lemak, atau karbohidrat yang tepat  untuk anjingnya. Tersedia banyak pilihan untuk anjing anakan hingga anjing tua begitu juga jenisnya.

Nutrisi Yang Lengkap

Dog food siap saji meskipun berkualitas rendah sudah mempunyai nutrisi yang lengkap  seperti vitamin, mineral, dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan oleh anjing . Tidak dibutuhkan  makanan tambahan atau suplemen tambahan bila tidak dianjurkan oleh dokter hewan.

 

Kekurangan DogFood Siap Saji :

Harga

Dog food siap saji biasanya dikemas dalam ukuran 500 Gr hingga 25 Kg. Untuk  kemasan yang terkecil biasanya harga perkilo akan lebih mahal daripada harga perkilo  kemasan 25 Kilogram.

Kontaminasi Bahan kimia

Guna mempertahankan nutrisi yang ada didalam dog food dibutuhkan bahan pengawet.  Bahan pengawet kimia akan mengganggu kesehatan anjing untuk jangka waktu yang lama.  Anjing yang mengkonsumsi dog food dengan bahan pengawet kimia (umumnya) akan  menderita berbagai penyakit seperti kanker atau tumor diusia tuanya.

 

Makanan Anjing Buatan Sendiri biasanya terdiri dari campuran dari daging, sayuran, dan  sumber karbohidrat seperti beras, kentang, atau jagung. Ada juga yang memberi sisa  makanan manusia untuk anjingnya.

Makanan Anjing Buatan Sendiri atau Dog Food

Kelebihan Makanan Anjing Buatan Sendiri :

Harga

Guna memenuhi kebutuhan nutrisi seekor anjing Rottweiler dewasa setidaknya  dibutuhkan 1 Kg daging ayam atau sapi setiap hari . Setidaknya sudah bisa dihitung  biaya yang mesti dikeluarkan setiap harinya untuk memelihara seekor anjing Rottweiler  dewasa. Walau begitu ini lebih murah di banding harga perkilogram Dog Food siap saji.

 

Kekurangan Makanan Anjing Buatan Sendiri :

Tidak Praktis

Makanan anjing mesti dipersiapkan terlebih dahulu dari tempat daging di beli atau sayuran hingga proses pemasakan yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Nutrisi yang tidak seimbang

Mungkin kita bisa berpikir , nutrisi anjing kita telah terpenuhi dengan memberikan jumlah  daging yang cukup banyak tapi anjing tidak hanya membutuhkan nutrisi dari daging saja  tapi juga dari sayuran dan karbohidrat. Belum lagi hitungan kadar protein, lemak, kalori,  karbohidrat dan lain sebagainya. Kebutuhan nutrisi anjing sangat berbeda beda  tergantung dari umur, jenis trah, aktifitas, dan lainnya.

 

Perawatan serta pemeliharaan seperti latihan dan pemberian nutrisi ternyata amat berperan dalam membentuk anatomi anjing yang baik. Anjing yang mempunyai genetik atau bloodline yang istimewa tidak akan tumbuh dengan baik bila latihan dan nutrisi yang diberikan buruk. Sekarang pilihan ada di tangan kita, Makanan Anjing Buatan Sendiri atau Dog Food buat binatang peliharaan anda


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel
 
Joomla templates by a4joomla