Keracunan Coklat Pada Anjing

anjing

User Rating: / 1
PoorBest 
Keracunan Coklat Pada Anjing - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Keracunan Coklat Pada Anjing

Keracunan Coklat Pada Anjing
Anjing sering kali memakan apa saja, termasuk makanan yang seharusnya tidak mereka makan. Apalagi anak anjing, apa saja selalu mereka endus dan coba di makan. Aroma coklat sangat menggoda penciuman anjing yang sensitif, mereka bisa dengan mudah menemukan tempat penyimpanan cokelat dan memakannya.

Coklat berasal dari biji panggang Theobroma cacao, coklat mempunyai sifat-sifat tertentu yang bisa menjadi racun bagi hewan. Yaitu kafein dan theobromine. Jika anjing kita menelan coklat, kedua bahan ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan dan bahkan bisa menimbulkan masalah yang fatal untuk anjing kita.

Gejala dan Jenis Keracunan Coklat

  • Muntah
  • Diare
  • Peningkatan suhu tubuh
  • Tanggapan refleks meningkat
  • Kekakuan otot
  • Cepat bernapas
  • Peningkatan denyut jantung
  • Tekanan darah rendah
  • Kejang
  • Tanda-tanda Lanjutan (gagal jantung, kelemahan, dan koma)

Jumlah dan jenis coklat yang tertelan juga sangat mempengaruhi, sebab jumlah dan jenis coklat merupakan faktor penentu tingkat keparahan keracunan atau toksisitas. Ada tiga jenis coklat yang harus kita ketahui dan kita sadari.

Coklat Susu
Tanda-tanda keracuanan ringan bisa terjadi saat 0,7 ons coklat per pon berat badan anjing tertelan, keracunan berat bisa terjadi ketika dua ons coklat per pon berat badan yang tertelan anjing (atau sesedikit satu pon coklat susu untuk anjing bert 20 pon) .
Coklat Semi Manis
Tanda-tanda keracunan ringan dapat terjadi ketika 0,3 ons per pon berat badan adalah tertelan, toksisitas berat terjadi ketika satu ons per pon berat badan yang tertelan (atau sesedikit enam ons cokelat semi-sweet untuk 20 pon anjing).
Baking Chocolate
Cokelat jenis ini memiliki konsentrasi dari kafein dan theobromine tertinggi. Oleh karena itu, sesedikit dua kotak kecil satu ons baking cokelat bisa menjadi racun bagi anjing seberat 20 pound (atau 0,1 ons per pon berat badan).

Penyebab Keracunan coklat

Berapapun jumlah cokelat bisa menjadi racun untuk anjing apapun. Jadi berhati-hatilah dalam memberikan makan hewan peliharaan kita yang mungkin mengandung coklat dan selalu tetap di luar jangkauan.

Diagnosa keracunan coklat

Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap, termasuk profil darah kimia, panel elektrolit dan urinalisis. Tes ini akan membantu menentukan apakah ada cokelat / kafein yang overdosis. Darah juga bisa diambil untuk menguji konsentrasi theobromine, sementara EKG dilakukan guna membantu menentukan apakah jantung menunjukkan adanya kelainan pada irama atau konduksi jantung berdetak.

Pengobatan keracunan coklat pada anjing

Anjing kita harus segera dibawa kedokter hewan, tetapi sebaiknya kita menghubungi dokter hewan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada perawatan awal yang bisa kita lakukan sebelum sampai ketempat dokter hewan. Kita harus menginduksi muntah dan mengendalikan kejang, harus terjadi. Sementara itu, kia perlu untuk menjaga anjing Anda tetap sejuk, tenang, dan ruang yang tenang. Cairan akan diberikan untuk menjaga anjing Anda terhindar dari hidrasi hingga kondisinya
membaik. Guna menghindari masalah lebih lanjut, harus diberi diet hambar selama beberapa hari.

Pencegahan Keracunan coklat pada anjing

Hindarkan coklat kita dari jangkauan anjing, hal ini penting untuk kesehatan hewan peliharaan kita karena tidak ada penawar racun coklat.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel