Cara Dasar Melatih Anjing Sendiri

anjing

User Rating: / 22
PoorBest 
Cara Dasar Melatih Anjing Sendiri - 4.0 out of 5 based on 22 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

 

Cara Dasar Melatih Anjing Sendiri

anjing pudel sedang dilatih menangkap bola

Para pemilik anjing pertama kali biasanya akan mengeluh, kenapa sulit sekali membuat anjing menurut dan cepat akrab dengan majikan barunya. Apalagi jika kita tidak memakai jasa melatih anjing. Sebelumnya anda harus tahu dulu cara melatih hubungan dengan anjing kesayangan anda. Setelah itu barulah berikan pelatihan untuk mematuhi perintah duduk, berdiri dan lainnya. Cara dasar melatih anjing sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, berikut ini kami berikan solusinya. Bagaimana caranya "menundukan" atau cara dasar melatih anjing sendiri.

 

Yang pertama kali harus anda lakukan sebelum melatih anjing adalah memberikan kasih sayang. Kasih sayang adalah modal utama, hal ini agar anjing kesayangan anda patuh dan membalas menyayangi pemiliknya. Pada saat anda pertama kali berkenalan dengan anjing, anda harus memegangnya, mengelus kepala atau menepuk dagu dan dada anjing tersebut. Cara ini akan membuat anjing lebih cepat akrab dengan calon majikannya. Anjing mempunyai insting atau naluri yang kuat, bahkan lebih tajam daripada manusia. Bila anjing tersebut dipegang, dielus kapalanya atau ditepuk dada serta dagunya. Instingnya akan mengatakan bahwa dia memperoleh kasih sayang dari orang yang belum dia kenal dan nanti akan menjadi majikannya.

Berikan anjing kesayangan anda sebuah nama yang mudah diucapkan dan diingat, sering-seringlah memanggil atau menegur dengan namanya. Kenalkan pada seluruh anggota keluarga anda bagaimana memanggilnya. Pastikan anjing mengenal masing-masing anggota keluarga, orang-orang dekat atau tamu dirumah anda.

Sering seringlah mengajak anjing anda jalan-jalan, hal ini supaya anjing anda merasa terlindungi walaupun berada diluar lingkungan rumah. Dia juga akan marah bila melihat ada orang yang mencoba mengusik majikannya.

Setiap kali hendak memberikan pelatihan dasar pada anjing, usahakan anjing anda makan terlebih dahulu atau memberikan sesuatu yang membuat dia senang seperti bermain

Latih anjing anda duduk. caranya adalah menekan bagian punggung bawah dengan lembut. Setiap kali melakukan itu ucapkan kalimat perintah untuk duduk seperti "sit" atau "duduk". Bila anjing kesayangan sudah menuruti perintah dan bisa duduk dengan tenang, kasih anjing anda pujian dan berikan sedikit makanan ringan seperti biskuit anjing.

Latih anjing anda buang air. Kadang kita direpotkan oleh anjing kita yang berak di sembarang tempat. Bila mengetahui anjing berak di tempat yang bukan tempatnya, ambil kototan itu lalu perlihatkan padanya. Setelah itu buang ditempat yang kita inginkan. Bila dilakukan berulang-rulang, anjing anda akan mengerti dan menuruti kemauan kita.

Latih anjing anda mengenali tamu. Setiap kali bel rumah berbunyi berarti ada tamu, perintahkan anjing untuk menggonggong . Bila tamu tersebut orang yang kita kenal, cepat-cepat anda perintahkan anjing untuk berhenti menggonggong dan menjauh dengan ucapan ramah. Anjing anda pasti dapat membedakan setiap tamu yang datang bertamu ke rumah kita.

Setelah cara dasar melatih anjing sendiri bisa dimengerti dengan baik oleh anjing anda, anda dapat melatihnya dengan cara melatih anjing yang lebih tinggi.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel